Lokakarya Rerancang Identitas AQUA Lestari 
Diselenggarakan oleh Desain Grafis Indonesia dan AQUA Grup, bekerjasama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia

 

Rerancang Identitas AQUA Lestari adalah sebuah lokakarya perancangan ulang identitas visual (logo) AQUA Lestari, sebuah inisiatif sosial dan lingkungan untuk kelestarian sumber daya air.  Lokakarya ini diselenggarakan oleh DGI (Desain Grafis Indonesia) dan AQUA Grup, bekerjasama dengan ADGI (Asosiasi Desain Grafis Indonesia).

Kegiatan ini bertujuan menjembatani desainer dan AQUA Grup, Pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia untuk mengembangkan logo AQUA Lestari sebagai identitas visual untuk mewakili filosofi dan nilai Perusahaan. Proses pencarian ini sekaligus untuk memperkenalkan komitmen Perusahaan terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat serta menjadi wadah  interaksi antar Perusahaan dengan komunitas desain di Indonesia

Latar belakang

Sebagai Perusahaan yang mendayagunakan air, AQUA Grup berkomitmen untuk menjaga kelestarian air dan lingkungan dengan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.  Pada tahun 2006, komitmen ini diwujudkan dalam payung inisiatif AQUA Lestari.  Pengembangan program AQUA Lestari berbasis Daerah Aliran Sungai (DAS) dari hulu sampai hilir.  Program ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan perlindungan air dan lingkungan, proses industri ramah lingkungan, pengelolaan yang bertanggung jawab dalam mendistribusikan produk serta melibatkan dan memberdayakan masyarakat.  

Program-program sosial dan lingkungan dalam payung AQUA Lestari dikomunikasikan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat secara luas dengan menggunakan berbagai media.  Untuk memvisualkan AQUA Lestari, dibuatlah sebuah logo pada tahun 2006 yang merupakan representasi dari komitmen Perusahaan untuk pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.  

Sejalan dengan perkembangan program, AQUA Lestari tidak hanya menjadi payung untuk program sosial dan lingkungan, tetapi juga menjadi cara Perusahaan untuk menjalankan operasional bisnisnya.  Pada tahun 2013, AQUA juga mengeluarkan logo baru untuk mempertegas komitmen Perusahaan dalam mendukung terciptanya keluarga dan lingkungan yang sehat di Indonesia.  

Dengan konsep baru AQUA Lestari dan juga adanya logo AQUA yang baru, maka Perusahaan menginginkan adanya pembaharuan logo AQUA Lestari. Logo yang baru ini diharapkan dapat mencerminkan komitmen AQUA untuk berkontribusi menciptakan kehidupan masyarakat yang sehat di tengah lingkungan yang sehat.  

Pendaftaran dibuka pada tanggal 13-31 Desember 2014 secara online dengan ketentuan sebagai berikut

  1. Pendaftar tidak berstatus pelajar / mahasiswa
  2. Pendaftar bukan anggota keluarga inti karyawan AQUA Grup 
  3. Perusahaan/Agency dapat diwakili oleh satu orang pendaftar 
  4. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir serta mengirimkan CV dan portfolio keentry@dgi-indonesia.com 
  5. Portfolio berisi minimal 3 karya identitas visual beserta penjelasan dan pengaplikasiannya. 
  6. Pendaftaran tidak dipungut biaya
  7. Pendaftaran ditutup pada tanggal 31 Desember 2014 pukul 17:00 WIB

Portfolio yang masuk akan diseleksi dan dipilih 20 pendaftar terbaik untuk dapat mengikuti proses selanjutnya

Informasi lain dapat dilihat dalam poster atau melalui website DGI di  http://dgi-indonesia.com/call-for-entry-rerancang-identitas-aqua-lestari/ dan Fans Page Facebook DGI