Jakarta, 22 Februari 2012 – Program kompetisi bisnis ”TRUST” yang diselenggaralan Danone di Indonesia memberi kesempatan kepada para mahasiswa Indonesia untuk merancang sebuah strategi bisnis, sebagaimana layaknya sebuah perusahaan menjalankan bisnisnya sehari-hari. Upaya ini merupakan suatu kontribusi Danone kapada dunia pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan tinggi, agar para mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktek bisnis yang nyata dengan cara bereksperimen atau bersimulasi menjalankan usaha dengan struktur manajemen perusahaan, melakukan inovasi dalam pengembangan bisnis, dan menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan.  

Pada bulan Januari 2012 lalu kegiatan Danone TRUST ini telah diisi dengan Trust Day yang diikuti oleh para mahasiswa dari 9 universitas di Indonesia yaitu Universitas Gajah Mada (3 tim), Universitas Indonesia (5 tim), Universitas Sumatera Utara (4 tim), Universitas Diponegoro (3 tim), Universitas Sam Ratulangi (1 tim),  Prasetya Mulya Business School (3 tim), Sekolah Tinggi Manajemen PPM (3 tim), Universitas Padjajaran (3 tim) dan Institut Teknologi Bandung (3 tim). Dari  28 tim peserta itu terpilih 13 tim yang melanjutkan kompetisi Danone TRUST pada tingkat country final pada hari ini.

Pada country final ini setiap tim memperesentasikan strategi bisnis yang memperlihatkan SWOT Analysis (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threat), menentukan strategic direction, action plan dan estimasi profit & loss perusahaan selama tiga tahun ke depan serta merancang program sosial yang tepat bagi perusahaan. Presentasi itu dipaparkan di hadapan para Direksi dan Senior Manager Danone di Indonesia yang disaksikan oleh Musliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan Nasional Bidang Pendidikan yang juga mantan Rektor Universitas Andalas, Padang pada hari ini.

“Kompetisi simulasi bisnis TRUST yang diselenggarakan Danone ini merupakan suatu kesempatan yang perlu dimanfaatkan para mahasiswa Indonesia untuk mengenal dunia bisnis secara nyata dan bagaimana mereka dapat mengembangkan kemampuan dan pengetahuan masing-masing dalam menjalankan bisnis. Saya percaya mahasiswa Indonesia memiliki kemampuan untuk berperan aktif dalam perkembangan dunia bisnis di Indonesia,” tutur Musliar Kasim pada final Danone TRUST ini.

Sementara itu Rudolf Saut, Vice President HR Danone Aqua sebagai Country Leader TRUST 2012 Indonesia mengatakan, “Trust adalah inisiatif global Grup Danone. Namun di Indonesia, TRUST lebih dari sekadar kompetisi. Danone memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh  di bangku kuliah ke dalam praktek bisnis sehari-hari dengan cara ber-eksperimen atau bersimulasi menjalankan usaha, memahami fungsi manajemen perusahaan dan berpikir kreatif serta membangun rasa percaya diri.”

Sebelum kompetisi ini berlangsung di Jakarta, Danone di Indonesia telah melakukan road show dari bulan Oktober hingga Desember 2011 ke 20 universitas untuk melakukan seleksi TRUST, sekaligus memperkenalkan Grup Danone kepada para mahasiswa dan jajaran universitas. Dari situ terpilih tim-tim mahasiswa yagn berlaga pada TRUST Day pada bulan Januari 2012 lalu dan TRUST Country Final pada hari ini. Mahasiswa yang terpilih menjadi peserta TRUST juga akan bersaing untuk satu tahun program Management Trainee dan kemudian program pengembangan terstruktur untuk mempersiapkan tingkat manajer dalam waktu 3 tahun di perusahaan-perusahaan Danone di Indonesia.

Dalam TRUST Country Final (final nasional) ini, peserta selain berkompetisi mempresentasikan strategi bisnis juga memdapat kesempatan berinteraksi secara singkat dengan jajaran direksi dan para manajer senior Danone  di Indonesia.

Selanjutnya dari 13 tim akan dipilih lima tim terbaik yang membawakan presentasi masing-masing di hadapan Dewan Direksi Danone  di Indonesia, hingga akhirnya terpilih satu pemenang yang mendapatkan hadiah mengunjungi kantor pusat Danone dan beberapa lokasi bisnis serta bertemu dengan para pimpinan Danone di Paris, Perancis.

 

DANONE TRUST:

Pada kompetisi tahun 2009, Tim Kalingga dari Universitas Gajah Mada berhasil menjadi juara dunia

dan tahun 2010 Tim Khatulistiwa dari Universitas Indonesia juga berhasil menjadi juara pertama kompetisi international bergengsi DANONE TRUST di Perancis

 

Tentang DANONE

Sebagai adalah salah satu perusahaan di bidang makanan yang berkembang sangat cepat di dunia, Danone berada di lebih dari 120 negara di lima benua. Misi DANONE adalah menyediakan kesehatan melalui makanan dan minuman yang bernutrisi dan dengan harga yang terjangkau kepada sebanyak mungkin orang. Pada tahun 2010, Danone memiliki lebih dari 160 pabrik dan sekitar 100.000 karyawan, dan mencatat penjualan sebesar 17 juta Euro, dimana separuhnya ada di negara berkembang. Saat ini Danone menjadi pemimpin dalam bisnis makanan sehat dalam empat kategori : produk fresh dairy (nomor 1 di dunia), air dan nutrisi bayi (nomor 2 di dunia), dan nutrisi medis (nomor 1 di Eropa). DANONE terdaftar dalam Euronext Paris. Selain itu DANONE juga memiliki ranking yang baik dalam indeks utama dari tanggung jawab sosial Dow Jones Sustainability Index Stoxx and World, ASPI Eurozone dan Ethibel Sustainability Index.

Di Indonesia saat ini DANONE beroperasi di empat kategori bisnis yaitu produk nutrisi ibu dan anak yang dihasilkan oleh SARIHUSADA (SGM, Lactamil) dan NUTRICIA (Nutrilon, Bebelac, Nutrima), produk nutrisi medis seperti Neocate yang dihasilkan oleh NUTRICIA MEDICAL NUTRITION, produk-produk dairy seperti Activia dan Milkuat yang dihasilkan oleh DANONE DAIRY serta produk minuman dalam kemasan (AQUA, Mizone, Vit) yang dihasilkan oleh DANONE AQUA.

 

Informasi selanjutnya dapat menghubungi:

corpcomm.aqua@danone.com

021 2996 1000