AQUA Group, sebagai pelopor produsen air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat Indonesia selama 40 tahun keberadaannya. AQUA juga mempertegas komitmen mendukung terwujudnya keluarga Indonesia sehat untuk Esok yang Lebih Baik melalui perkenalan logo baru yang akan menemani keluarga Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Lahir dari visi yang dicetuskan oleh mendiang Tirto Utomo, AQUA melalui perjalanan yang panjang, saat ini diakui menjadi pemimpin pasar AMDK di Indonesia. Lewat berbagai program berkelanjutannya AQUA konsisten menghadirkan air minum berkualitas selama 40 tahun terakhir ini.

President Director AQUA Group, Charlie Cappetti mengatakan, ”Sejak berdiri pada 23 Februari 1973, AQUA telah memberikan berbagai kontribusi sosial dan ekonomi berkat dukungan seluruh masyarakat Indonesia. Kami ingin berterimakasih dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberi kepercayaan selama 40 tahun perjalanan kami, dan berharap dapat terus memberikan sumbangsih bagi bangsa.”

Charlie menjelaskan, “AQUA memiliki komitmen untuk  berperan aktif dalam memberikan kontribusi sosial lingkungan Indonesia yang lebih baik. Melalui AQUA Lestari sebagai inisiatif CSR yang berkelanjutan, AQUA memberikan program pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di 16 daerah dimana kami beroperasi.  Dari wilayah hulu dengan pengelolaan sumber daya air yang terintegrasi, kemudian pengembangan ekonomi dan derajat kesehatan masyarakat, serta pengembangan sisi hilir seperti edukasi dalam pengelolaan sampah,”

Charlie melanjutkan bahwa semua inisiatif tersebut dilakukan dan dikembangkan untuk memastikan ketersediaan kuantitas dan kualitas air untuk kesejahteraan para penerima manfaat.

Inisiatif tersebut diantaranya adalah penyediaan akses air bersih atau WASH (Water Access, Sanitation and Hygiene), pertanian terpadu, pembentukan ekonomi untuk masyarakat sekitar daerah operasional, kampanye gemar mengelola sampah (GEMAS), Sekolah Sahabat Mata Air (SSMA), dan program pemberdayaan pemulung.

“Seluruh program tersebut dikembangkan dengan bekerjasama melibatkan berbagai pihak dengan pola partisipatif. Kontribusi sosial tersebut telah kami kembangkan dan menjangkau 16 pabrik dan 16 distribution center yang kami miliki saat ini ” tambah Charlie.

Mengemban misi untuk membawa kesehatan melalui pangan kepada sebanyak mungkin keluarga Indonesia, AQUA melihat pentingnya melakukan kegiatan berkelanjutan untuk perkembangan hidup mereka. Sederet inisiatif disiapkan oleh AQUA, baik itu yang bersifat lanjutan maupun yang baru akan dimulai pada tahun ini.

Pada tahun 2013, AQUA akan kembali melakukan berbagai program berkelanjutan; mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia lewat AQUA Danone Nations Cup; melanjutkan program konservasi air dan lingkungan, program pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan melalui AQUA Home Service dan Ibu Pijar; serta mengajak generasi muda dalam mengenal kekayaan yang dimiliki melalui program “Temukan Indonesiamu”.

Bersamaan dengan perayaan hari jadi ke-40 ini, AQUA menggunakan kesempatan ini untuk juga meluncurkan dua logo; Logo 40 Tahun AQUA bersama untuk Indonesia, dan Logo baru Danone AQUA. Kedua logo ini merefleksikan semangat baru dari Danone AQUA untuk berperan dalam perkembangan dan pembangunan Indonesia.

Charlie menegaskan, “Salah satu tujuan peremajaan logo ini adalah untuk mendekatkan diri dengan lebih banyak lagi pemangku kepentingan AQUA. Kami juga ingin memantapkan komitmen dalam mewujudkan keluarga Indonesia sehat dan progresif, untuk esok yang lebih baik melalui berbagai program inisiatif berkelanjutan baru”.

“Dukungan dari masyarakat selama ini telah menjadi penyemangat bagi AQUA untuk selalu memberikan yang terbaik dan terus berkembang bersama Indonesia. Di usia ke-40 ini, dengan semangat baru, AQUA berharap dapat terus membantu mewujudkan kemajuan Indonesia lewat produk air minum dalam kemasan berkualitas dan berbagai inisiatif berkelanjutannya; untuk esok yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih baik,” tutup Charlie.

 

Tentang AQUA

AQUA merupakan pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia yang didirikan tahun 1973. AQUA merupakan produk terkemuka di Indonesia dan memiliki volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral. AQUA berasal dari 100% mata air pegunungan alami yang mengandung mineral seimbang yang menyehatkan. AQUA adalah bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, unit usaha DANONE meliputi empat kategori utama, yaitu minuman (AQUA dan Mizone), produk susu olahan  (Milkuat, Activia), dan makanan bayi (Nutricia dan Sari Husada dengan produknya seperti SGM, Vita Plus, Lactamil, dan Vitalac), serta nutrisi medis.

Filosofi Logo Baru Aqua

Logo 40 Tahun AQUA bersama untuk Indonesia menampilkan desain angka 40 yang memiliki pola mirip batik yang menunjukkan eratnya hubungan antara AQUA dengan budaya Indonesia. Corak hati yang tersemat, memperlihatkan kecintaan AQUA terhadap Indonesia juga kepeduliannya untuk terus melestarikan lingkungan sekitar. Motif tetesan air menggambarkan kebaikan alam yang akan terus dihadirkan. Sementara warna hijau dan biru menunjukkan kemurnian dan kesegaran, yang juga selaras dengan warna logo baru Danone AQUA.

Menampilkan pegunungan sebagai elemen utama, logo baru Danone AQUA menggambarkan kekuatan sekaligus sumber air AQUA yang sangat berharga. Warna biru digunakan karena merupakan warna dasar dari merek AQUA dan melambangkan kemurnian dari sumber air yang berasal dari dalam pegunungan dan berada di lapisan bumi yang dalam. Semburat hijau pada gunung menggambarkan warna alam yang penuh dengan kehidupan, dan juga cerminan ketika fajar menyongsong hari yang baru. Motif gelombang menggambarkan air sebagai sumber kehidupan sekaligus alur kehidupan yang selalu bergerak maju ke depan. Sedangkan warna kuning pada gelombang adalah refleksi matahari pagi membawa pesan hari baru yang penuh harapan.